Cara Praktis & Benar Membuat Masker Bengkoang Sendiri Untuk Wajah Berjerawat

Posted on

Sudah zamannya sekarang serba alamiah, termasuk untuk kecantikan. Pemakaian bahan kimia berlebihan bisa bikin kulit wajah kita berjerawat dan rusak. Masker bengkoang alami merupakan pilihan teraman untuk produk kecantikan wajah. Banyak juga yang tertarik dengan cara membuat masker bengkoang sendiri untuk kecantikan wajah. Saat ini banyak sekali produk produk kecantikan yang dijual di pasaran, tetapi dibuat dari bahan-bahan kimia yang diragukan keamanannya. Mau sehat kok bahaya?

cara membuat masker bengkoang

Masker bengkoang digemari karena terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk wajah. Tapi banyak juga yang belum tau cara membuat masker dari bengkoang yang benar. Bagaimana sih cara membuatnya? Kita akan jelasin dibawah. Cekidot!

 

Manfaat dan Kelebihan Bengkoang 

  1. Menyehatkan kulit

Bengkoang adalah salah satu jenis buah buahan yang banyak kita jumpai di Indonesia. Bengkoang ini punya banyak manfaat. Memakai bengkoang adalah cara aman mencerahkan kulit tubuh, jadi kita bisa menambah kecantikan dengan menggunakan bengkoang.

Berdasarkan penelitian para pakar kesehatan, bengkoang memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu mengatasi kulit gatal dan mengencangkan kulit. Anda dapat menggunakannya dengan cara masker bengkoang, yaitu membuat bengkoang menjadi bentuk masker. Jerawat anda akan cepat hilang dan kulit anda akan lebih sehat, apalagi kalau dibuat dengan cara yang benar.

  1. Mencegah sariawan

Biasanya jeruk dikonsumsi untuk mengobati sariawan. Namun ternyata bengkoang juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan, karena mengandung vitamin C. Bengkoang ini dapat dioleskan langsung pada bibir yang terkena sariawan atau dibuat jus dulu lalu diminum perlahan agar terkena bagian yang kena sariawan.

  1. Mengobati batu ginjal

Bengkoang dapat juga digunakan untuk mengobati batu ginjal. Kandungan fosfor pada bengkoang berguna untuk mencegah batu ginjal dan merawat organ ginjal agar tetap sehat.

bengkoang

  1. Camilan sehat untuk diet

Bengkoang bisa juga untuk dimakan sebagai camilan karena rasanya yang manis dan kandungannya yang menyehatkan. Meskipun manis, bengkoang mengandung gula yang sedikit dan serat yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi, terutama bagi Anda yang sedang program diet dan kegendutan.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Bengkoang diyakini dapat mencegah penuaan dini apabila digunakan secara teratur sebagai masker wajah. Bengkoang mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai anti-aging yang dapat mengurangi keriput dan tanda penuaan lainnya. 

 

Cara alami membuat masker dari bengkoang

Membuat masker bengkoang sebenarnya adalah hal yang cukup mudah. Namun kadang kita udah merasa ribet dan malas duluan untuk membuatnya. Selain itu, kebanyakan kita belum tau cara yang benar membuatnya, jadi maskernya gabisa kita pakai. Padahal kalau mau sehat, ribet sedikitpun tidak masalah.

Ada banyak cara untuk membuat masker bengkoang.  Banyak juga jenis masker bengkoang yang bisa dibuat oleh anda semua. Gimana ya cara membuat yang benar? Berikut ini akan kami ulas secara lengkap cara membuat masker bengkoang yang benar, agar bisa digunakan oleh kalian:

  1. Masker Bengkoang Dasar

Masker bengkoang dasar ini adalah masker yang paling mudah untuk dibuat dari bengkoang, karena tidak memerlukan campuran bahan bahan lain. Cara membuat masker bengkoang alami yaitu:

  • Pertama, siapkan buah bengkoang sebanyak 2-4 buah. Bengkoang yang dipakai harus masih segar dan jangan terlalu busuk atau terlalu muda. Kemudian bersihkan bengkoang dengan air sampai bersih.
  • Buah bengkoang yang tadi dipotong kecil-kecil supaya mudah membuat maskernya.
  • Kemudian buah bengkoang yang sudah dipotong-potong diparut hingga lembut dan halus. Lalu siapkan wadah untuk tempat meletakkan parutan buah bengkoang tersebut.
  • Hasil parutan buah bengkoang tersebut bisa langsung dioleskan ke wajah secara merata. Pengolesan dapat dilakukan sekitar 15-30 menit.
  • Jika ingin dibuat bubuk, parutan bengkoang bisa diendapkan terlebih dahulu sampai kering agar mendapatkan bubuk bengkoang.
  • Setelah selesai, bilas wajah Anda dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah secara rutin setiap hari.

  1. Masker Bengkoang Jeruk Nipis

jeruk nipis

Masker bengkoang ini ternyata bisa dicampur dengan menggunakan bahan bahan lain. Jeruk nipis dapat digabung dengan bengkoang. Dengan menggabungkan jeruk nipis dan bengkoang, maka dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal pada wajah anda. Cara membuatnya yaitu :

  • Buat dahulu buah-buah bengkoang menjadi cairan dengan cara seperti pada cara membuat masker bengkoang dasar. Setelah jadi, kemudian dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan diaduk hingga merata.
  • Lalu oleskan masker bengkoang pada wajah hingga merata. Lalu didiamkan selama 40 menit sampai 1 jam.
  • Terakhir, bersihkan wajahmu dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

  1. Masker Bengkoang Madu

Madu merupakan salah satu bahan dari alam yang memiliki khasiat yang besar untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Madu telah menjadi primadona untuk digunakan dalam urusan kesehatan. Kombinasinya dengan bengkoang akan semakin meningkatkan manfaatnya. Cara membuatnya yaitu :

  • Buat terlebih dulu cairan endapan bengkoang seperti pada cara membuat masker bengkoang dasar. Kemudian dicampur dengan 3 sdm madu murni. Lalu diaduk hingga merata.
  • Kemudian oleskan masker bengkoang pada seluruh wajah Anda sambil dipijat pijat selama 5-10 menit.
  • Terakhir, bersihkan wajah anda dengan air dan keringkan dengan handuk.

  1. Masker Bengkoang Tomat

Tomat dapat digunakan bersamaan dengan bengkoang untuk membuat masker wajah, karena tomat mengandung vitamin E yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Cara membuatnya yaitu:

  • Buat dahulu cairan endapan bengkoang seperti pada cara membuat masker bengkoang dasar. Kemudian tomat dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Lalu dihancurkan dengan blender.
  • Hasil blender tadi kemudian dicampur dengan cairan endapan bengkoang hingga merata.
  • Kemudian oleskan masker bengkoang tomat sampai merata pada wajahmu, lalu didiamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Terakhir, bersihkan wajah anda dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

  1. Masker Bengkoang Minyak Zaitun

Masker Bengkoang Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang berasal dari Timur Tengah yang dikenal memiliki sejuta manfaat. Minyak zaitun dapat dicampur dengan menggunakan bengkoang untuk membuat masker wajah, sehingga memberikan manfaat yang lebih maksimal. Cara membuatnya yaitu:

  • Buat terlebih dulu cairan endapan bengkoang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian dicampur dengan 2 sdm minyak zaitun. Lalu diaduk sampai tercampur rata.
  • Kemudian oleskan masker bengkoang pada wajah Anda secara merata. Lalu didiamkan sekitar satu jam.
  • Terakhir, bilas wajahmu dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

Tips Menggunakan Masker Bengkoang

cara membuat masker dari bengkoang

Menggunakan masker bengkoang merupakan rahasia muka awet muda dan tetap cantik., jika digunakan sesuai dengan aturannya. Berikut ini adalah tips agar kulit cerah dan wajah bersinar dengan menggunakan masker bengkoang.

  • Bersihkan terlebih dahulu wajah dari berbagai macam kotoran sebelum memakai masker bengkoang
  • Gosok wajah dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi air, agar wajah tidak mengalami iritasi.
  • Menggunakan masker sebaiknya setelah anda mandi dan digunakan secara rutin agar sudah terbebas dari kotoran dan lain lainnya.

Baca juga :

***

Mudah sekali ya ternyata cara membuat masker bengkoang? Tentunya, ini bisa kita terapin buat kehidupan sehari hari. Ditambah bonus tips cara menggunakannya khusus untuk anda. Masih ragu untuk pakai? Ayo pakai masker bengkoang alami untuk kecantikan yang alami.