Efek Samping Dari Kombinasi Masker Kopi, Gula & Putih Telur

Diposting pada

Seiring perkembangan jaman, banyak sekali produk kecantikan yang dapat membuat penampilan dan wajah menjadi mulus, kenyal dan cerah. Meski demikian, bahan-bahan alami yang ada dirumah dapat dimanfaatkan sebagai masker kecantikan. Salah satunya yaitu masker kopi. Masker kopi sebenarnya sangat banyak manfaatnya kulit wajah, karena kopi mengandung anti oksidan yang bisa menangkal serangan radikal bebas. Di samping manfaat dari masker kopi, ternyata ada  efek samping dari masker kopi yang perlu untuk anda ketahui. Apa efek samping masker kopi itu ? Berikut penjelasannya !

Efek samping masker kopi

Efek samping masker kopi

Sebenarnya masker kopi ini cocok untuk dipakai untuk semua jenis kulit. Tapi untuk kulit yang sensitif dianjurkan untuk tidak terlalu sering memakainya, karena bisa saja menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Masker kopi sebenarnya memiliki beberapa manfaat sepertimengencangkan kulit, membersihkan komedo, mengecilkan pori-pori serta melembabkan kulit wajah. Namun, untuk pemakaiannya disarankan hanya 1-2 saja dalam seminggu karena efek masker kopi setiap hari justru akan berdampak negatif bagi wajah kita.

Masker kopi bisa dicampurkan dengan bahan alami seperti yogurt, susu, minyak zaitun, madu, bubuk coklat, putih telur dan sebagainya. Bahan alami yang anda campurkan-pun harus sesuai dengan takaran.   Hal ini karena jika tidak sesuai bisa menyebabkan dampak buruk untuk kulit wajah. Dampak atau efek samping masker kopi adalah apabila dipakai setiap hari  biasanya menimbulkan alergi pada kulit wajah dan juga gatal gatal terutama untuk kulit yang sensitif. Oleh karena itu konsultasikan hal ini ke dokter kecantikan atau kulit, agar penerapan masker kopi aman dan bisa mencapai  hasil yang memuaskan.

Beberapa alasan kenapa masker kopi tidak baik jika dipakai setiap hari :

  1. Bisa menyebabkan kulit bersisik dan kemerahan, juga pada kulit yang sensitif yang disebabkan karena efek eksfoliasi didapatkan setiap harinya.
  2. Scrub alami yang ada didalam bubuk kopi yang apabila di pakai setiap hari akan meyebabkan wajah kering dan kehilangan kelembaban alaminya.
  3. Iritasi pada kulit, gatal gatal dan cekit cekit yang disebabkan karena kulit wajah terlalu sering tereksfoliasi dengan butiran kopi. Jadi jelas kenapa pake masker kopi gatal.
  4. Efek samping masker kopi apabila dipakai setiap hari juga kan menimbulkan masalah seperti kulit wajah mengelupas  dan sering timbul jerawat, karena sel kulit mati menumpuk dan kulit wajah menjadi kering

Baca Juga:

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa masker kopi dapat dicampur dengan bahan lain seperti putih telur. Bahkan ada juga masker putih telur. Memang, putih telur mengandung kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kulit agar tidak kendur, serta mengandung protein untuk menjaga elastisitas kulit wajah, namun, untuk mengolahnya dan menambah dengan bahan tertentu seperti kopi, dapat berpotensi buruk pada kulit anda. Berikut beberapa efek samping masker kopi dan putih telur setiap hari :

  1. Masker kulit telur dan kopi mengandung bahan mentah, putih telur mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.
  2. Dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan resiko timbulnya jerawat, hal ini karena putih telur mengandung vitamin A yang jika dipakai oleh orang yang berkulit sensitif akan menyebabkan timbulnya jerawat.
  3. Dengan penambahan kopi akan menjadikan kulit anda menjadi kering dan iritasi, oleh karena penggunaaan masker putih telur setiap hari tidak dianjurkan.

Jadi anda boleh saja menggunakan masker kopi dan putih telur, namun tidak dianjurkan untuk memakai setiap hari. Sebelum menggunakan masker kopi dan putih telur ada baiknya  anda berkonsultasi dengan dokter, untuk mengetahui kulit anda cocok atau tidak menggunakan masker ini.

Selain masker kopi  dan putih telur, anda juga bisa membuat scrub dari gula dan kopi.  Scrub atau masker ini diklaim mampu mengangkat komedo secara efektif. Namun, benarkah demikian ? ternyata, masker kopi dan gula ini kurang dikrekomendasikan lho oleh ahli kecantikan. Berikut efek samping masker kopi dan gula !

Memang gula dan kopi dapat dijadikan scrub alami. Beberapa manfaat dari masker atau scrub gula dan kopi menang cukup banyak. Beberapa manfaatnya antara lain dapat mengencangkan kulit wajah, membersihkan komedo dan jerawat di wajah, mengecilkan pori-pori kulit, melembabkan kulit wajah yang kering, menghaluskan kembali kulit wajah, serta dapat mengurangi resiko kanker kulit. Efek samping masker kopi dan gula pada saat memakainya wajah justru akan memerah dan kasar, hal ini karena gula dan kopi bertekstur kasar, dan sangat tidak cocok dipakai oleh orang yang berkulit sensitif. Jadi, jika anda termasuk orang yang memiliki jenis kulit yang sensitif, sebaiknya anda tidak menggunakan masker ini.

Artikel Terkait:

Nah itulah beberapa efek samping  masker kopi. Ada baiknya anda berkonsultasi dahulu sebelum menggunakan masker ini, apakah cocok atau tidak dengan jenis kulit anda. Sampai jumpa !

Loading...
0 Shares