Bahaya & Efek Samping Masker Pasta Gigi Untuk Wajah

Diposting pada

Pasta gigi merupakan perlengkapan yang cukup mudah ditemukan dirumah kita. Selain sebagai perlengkapan gosok gigi, ternyata pasti gigi juga dimanfaatkan sebagian orang untuk perawatan wajah, dengan menjadikannya sebagai masker. Mereka percaya bahwa masker pasta gigi dapat mengatasi berbagai permasalahan pada wajah kita seperti jerawat, komedo, bahkan mampu memutihkan wajah secara alami. Benarkah demikian?  Ternyata dibalik kepercayaan bahwa pasta gigi mampu menghilangkan jerawat,komedo dan mampu memutihkan kulit, ada beberapa efek samping masker pasta gigi yang perlu anda ketahui. Apa saja efek samping masker pasta gigi itu ? yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Efek samping menggunakan masker pasta gigi pada wajah

efek samping masker pasta gigi

Pasta gigi  mengandung berbagai bahan kimia yang seharusnya tidak boleh digunakan oleh wajah kita. Apalagi jika digunakan oleh mereka yang memiliki jenis kulit sensitif. Berikut efek samping menggunakan masker pasta gigi:

  1. Membuat wajah kering

Pasta gigi memang salah satu perlengkapan mandi yang paling mudah ditemui dirumah. Pasta gigi juga dipercaya mampu menghilangkan jerawat, namun, sebenarnya pasta gigi kurang baik diaplikasikan ke wajah anda terutama jika anda memiliki jenis kulit wajah yang kering.

Pasta gigi memang mengandung triclosan yang berfungsi sebagai anti bakteri,  hal inilah yang kadang dapat mengempeskan jerawat dengan cepat. Namun, zat ini tidak dianjurkan untuk digunakan diwajah anda. Tricolasan ini dibuat untuk menangkis radang gusi, menjaga kesehatan dan kebersihan mulut saja.

  1. Memicu kulit wajah mengelupas

Meskipun ada  manfaat dan efek samping masker pasta gigi, yaitu pasta gigi dipercaya dapat memutihkan kulit wajah secara alami, namun penggunakaan pasta gigi di wajah justru akan membuat kulit wajah anda mengering dan mengelupas. Hal ini karena kandungan flouride pada pasta gigi.

  1. Pori-pori wajah membesar

Efek samping menggunakan pasta gigi untuk masker wajah selanjutnya yaitu membuat pori-pori wajah semakin membesar. Pasta gigi mengandung alkohol, walaupun kandungannya kecil. Produk yang mengandung alkohol menurut penelitian tidak memberikan manfaat yang baik untuk kulit. Alkohol yang dioles di kulit justru akan menyebabkan kulit tidak mampu menyimpan air sehingga justru akan mengikis lapisan kulit. Apalagi jika kulit anda cenderung berminyak, alkohol justru akan membuat kulit anda semakin kering dengan cepat.  Penggunakaan produk yang mengandung alkohol dapat bereaksi memperbesar pori-pori sehingga peradangan kulit semakin memburuk dan tentu ini merupakan bahaya memutihkan wajah dengan pasta gigi.

Baca Dulu:

  1. Memicu jerawat menjadi semakin parah

Meskipun ada dampak positif dan negatif pasta gigi yaitu  pasta gigi dapat menghilangkan jerawat secara instan, namun pasta gigi juga dapat memperbanyak jerawat lho. Hal ini karena sebagian besar pasta gigi mengandung menthol yang jika terpapar  ke kulit dapat menyebabkan iritasi dan gatal – gatal.  Selain itu, pasta gigi jua mengandung esssential oil yang dapat menyumbat pori-pori wajah, sehingga jerawat dapat bertambah banyak.

  1. Kulit akan terasa terbakar

Pasta gigi juga sangat pantang dioleskan untuk mereka yang memiliki jenis kulit sensitif. Hal ini karena kulit sensitif rentan  sekali dengan iritasi dan alergi. Kandungan yang ada dalam pasta gigi  dapat membuat kulit  menjadi terasa terbakar setelah pemakaian, dan ini berlaku juga sebagai  bahaya pasta gigi pepsodent untuk wajah.

  1. Memicu peradangan pada kulit wajah

Efek samping masker pasta gigi yang terakhir yaitu dapat memicu peradangan pada kulit wajah. Kandungan yang keras pada pasta gigi dapat mengakibatkan peradangan pada kulit wajah, jika digunakan untuk perawatan wajah. Apalagi bagi anda yang berkulit sensitif.

Semua kandungan yang ada dalam pasta gigi sesungguhnya memiliki efek samping masker pasta gigi dan  beresiko menimbulkan iritasi sampai alergi pada semua jenis kulit, apalagi jenis kulit sensitif. Berikut gejala yang dirasakan jika kulit anda sudah terkena iritasi :

  • Kemerahan
  • Terasa panas
  • Terasa gatal
  • Timbul luka

Jika sudah timbul tanda-tanda seperti ini, ada baiknya anda langsung ke dokter untuk memeriksa kondisi kulit anda.

Ada baiknya gunakan masker dengan bahan alami yang lebih alami seperti masker yang terbuat dari sayuran atau buah-buahan, karena keduanya tidak memiliki efek samping dan justru akan menyehatkan kulit kita, tidak seperti efek samping masker pasta gigi.  Semoga informasi ini bermanfaat ya. Sampai jumpa !

Loading...
0 Shares